Kamis, 23 Oktober 2014

DESKRIPSI ANATOMI PADA TUMBUHAN CABE RAWIT (Capsicum frutescens)

TUMBUHAN CABE  RAWIT (Capsicum frutescens )
http://cabe-rawit.google.com/images
 
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSdxDDAysL-J-qzeohydrIfOk4vGh3hZ9mbvCY0zBAxZFuypAX1 https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRJ6S6NC_NGxynU4ZHW8iSlTjkdyPjBmZww5FEfCBluueHOIaVA

            Tanaman budidaya, kadang-kadang ditanam di pekarangan sebagai tanaman sayur atau tumbuh liar di tegalan dan tanah kosong yang terlantar. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik, menyukai daerah kering, dan ditemukan pada ketinggian 0,5-1.250 m dpl. Perdu setahun, percabangan banyak, tinggi 50-100 cm. Batangnya berbuku-buku atau bagian atas bersudut. Daun tunggal, bertangkai, letak berselingan. Helaian daun bulat telur, ujung meruncing, pangkal menyempit, tepi rata, pertulangan menyirip, panjang 5-9,5 cm, lebar 1,5-5,5 cm, berwarna hijau. Bunga keluar dari ketiak daun, mahkota bentuk bintang, bunga tunggal atau 2-3 bunga letaknya berdekatan, berwarna putih, putih kehijauan, kadang-kadang ungu. Buahnya buah buni, tegak, kadang-kadang merunduk, berbentuk bulat telur, lurus atau bengkok, ujung meruncing, panjang 1-3 cm, lebar 2,5-12 mm, bertangkai panjang, dan rasanya pedas. Buah muda berwarna hijau tua, putih kehijauan, atau putih, buah yang masa.k berwarna merah terang. Bijinya banyak, bulat pipih, berdiameter 2-2,5 mm, berwarna kuning kotor. Cabai rawit terdiri dari tiga varietas, yaitu cengek leutik yang buahnya kecil, berwarna hijau, dan berdiri tegak pada tangkainya; cengek domba (cengek bodas) yang buahnya lebih besar dari cengek leutik, buah muda berwarna putih, setelah tua menjadi jingga; dan ceplik yang buahnya besar, selagi muda berwarna hijau dan setelah tua menjadi merah. Buahnya digunakan sebagai sayuran, bumbu masak, acar, dan asinan. Daun muda dapat dikukus untuk lalap.Cabal rawit dapat diperbanyak dengan biji.
Dalam tata nama ilmiah, tanaman cabai termasuk dalam genus Capsicum, dengan klasifikasi lengkap sebagai berikut:
Kingdom         : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Sub kelas         : Asteridae
Ordo                : Solanales
Famili              : Solanaceae
Genus              : Capsicum
Spesies            : Capsicum frutescens (cabai kecil/cabai rawit)
(http://klasifikasitanaman.blogspot.com/2013/05/klasifikasi-tanaman-cabe.html)
ANATOMI AKAR CABE RAWIT
http://anatomi-akar-cabe-rawit.google.com/images
 
      

Akar pada cabe rawit ( Capsicum frustescens ) termasuk akar serabut . Lapisan epidermis tipis  dan sel-sel tanpa ruang antar sel . Pada lapisan terluar berbatasab dengan sel parenkim . Terdapat jaringan xylem dan floem , dan ada cambium di sekitar xylem .
(http://dyahruhmana.blogspot.com/2014/01/praktikum-cabe-kolenkim-dan-sklerenkim.html)
http://anatomi-batang-cabe-rawit.google.com/images
 
ANATOMI BATANG CABE RAWIT
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgGpe45O-MpZavF5HX9OCBTjPSAJekXivC544tNkkWYnd_duuBwOKDZeGq8p8BJd8hXWo7xx2f20_kBRcYVSOqeyes3hb4BYQpl9f-VHoxcgwdJtfexCpDdpVeRtkOPlZPYZxLvqZGPfgc/s1600/IMG-20131130-WA0001.jpg
      Pada batang  Capsicum frutesens L termasuk kolenkim sudut (angular kolenkim). Penebalan dinding sel kolenkim ini terdapat pada sudut sel.  Pada penampang melintangnya penebalan ini terjadi pada tempat bertemunya 3 sel atau lebih. Bentuknya seperti segitiga. Sedangkan pada batang Capsicum annum L juga termasuk dalam tipe kolenkum sudut (angular kolenkim). Penebalan dinding sel kolenkim ini terdapat pada sudut sel.  Pada penampang melintangnya penebalan ini terjadi pada tempat bertemunya 3 sel atau lebih. Bentuknya seperti segitiga.
(http://dyahruhmana.blogspot.com/2014/01/praktikum-cabe-kolenkim-dan-sklerenkim.html)
ANATOMI BUAH CABE RAWIT
http://anatomi-buah-cabe-rawit.google.com/images
 
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR-au4Jp3IVfvB36XVacHxriNCVKk-HPOQd90MCzoKbpf0hNB9OPg
                Perikarpium buah cabe rawit terdiri dari lapisan eksokarpium, mesokarpium, dan endokarpium. Lapisan eksokarpium berupa jaringan epidermis yang tersusun rapat. Lapisan mesokarpium disusun oleh jaringan parenkimatis. Di dalam jaringan parenkimatis tersebar berkas pengangkut. Sel-sel raksasa (Giant Cell) ditemukan di bagian paling dalam dari mesokarpium. Endokarpium terdiri dari sel epidermis dalam yang berbatasan langsung dengan sel raksasa dan ruang ovarium. Buah cabe rawit memiliki dua ruangan yang dibentuk dari sekat sempurna pada ruang buah.
(http://cappucinophio.blogspot.com/2013/01/makalah-anatomi-buah.html)

ANATOMI BIJI CABE RAWIT
http://anatomi-daun-cabe-rawit.google.com/images

 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9XOKuL2tPwyntbKqbmhsPBoDtCPHqS8ccThb8GvcwkUH2XzqJdjxcRTZO1CRdHUN9ANajcCG-8MQPxMgyWdp8N8RMcNLpywD_COyYUMZ_QCExJiXaka21d95ccYNzbUvseeZ38HrzAxst/s1600/IMG-20131130-WA0002.jpg
                Jaringan kulit biji cabe rawit tersusun dari lapisan sel makrosklereida atau osteosklereida , hilum , endosperma yang berisi amilum atau minyak , aleuron dan embrio . terdapat sel,tannin , sklerenkim dan sel gabus . Merupakan biji exendosperm seed karena cadangan makanannya terdapat dalam kotilnya (pada bagian embrio) .



ANATOMI DAUN CABE RAWIT
http://anatomi-daun-cabe-rawit.google.com/images
 
                Epidermis terdiri dari beberapa lapis sel , di man jumlah sel di epidermis atas lebih banyak dari sel epidermis bawah . Memiliki stomata sel kipas dan ruang substomata yang besar antara sel penutup dengan jaringan mesofil . Stomata yang berfungsi sebagai jalan pertukaran gas pada tumbuhan dan sebagai pengatur besarnya transpirasi .Jumlah lapisan sel palisadenya terdiri dari beberapa lapis . 

2 komentar: